Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Komunitas Dengan Metode Community As Partner Dalam Rangka Meningkatkan Skill Mahasiswa D-3 Keperawatan FKES Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Authors

  • hendri hadiyanto Unmi

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v14i1.114

Abstract

Proses pembelajaran praktik lapangan mahasiswa D-III Keperawatan universitas Muhammadiyah Sukabumi untuk mencapai kompetensi praktik asuhan keperawatan komunitas menjadi permasalahan tersendiri karena tidak sesuai tuntunan Kurikulum yang sudah dibuatkan oleh Asosiasi Institusi Keperawatan Indonesia (AIPVIKI). Sebagaimana diketahui Kurikulum D-III Keperawatan FKES Universitas Muhammadiyah Sukabumi memasukan Mata kuliah Praktik Keperawatan Komunitas sebagai kurikulum institusi. Sejak peninjauan kurikulum pada tahun 2016 masih tetap dimasukan sebagai kurikulum institusi karena adanya masukan dari berbagai pihak bahwasannya daerah sukabumi lulusan D-III Keperawatan harus dibekali ilmu keperawatan komunitas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan program praktek Lapangan asuhan keperawatan komunitas sebagai upaya peningkatan keterampilan mahasiswa. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif.. Responden penelitian adalah mahasiswa D3 Keperawatan Fakultas Kesehatan UMMI semester V yang mengikuti program praktek Asuhan Keperawatan Komunitas dengan pendekatan community as partner sebanyak 69 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah menggunakan kuesioner berisi 10 item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan asuhan keperawatan komunitas dengan pendekatan Community as Partner mahasiswa semester akhir D-III Keperawatan Fkes Universitas Muhammadiyah Sukabumi sebagian besar belum memahami penerapan asuhan keperawatan komunitas di lapangan.

References

Anderson & McFarlane. (2000). Community As Partner : Theory and practice in nursing. Third Edition. DNLM

Nursalam. Manajemen Keperawatan; Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional ed.2. Jakarta: Salemba Medika; 2007.

Helen T Allan, Pam Smith MO. Experiences of supernumerary status and the hidden curriculum in nursing: a new twist in the theory–practice gap? Clin Nurs. 2011;20:847–55.

Helvie, C. (1998). Advanced practice nursing in the community. SAGE Publication, Inc. USA

Hitchcock, Schubert & Thomas. (1999). Community health nursing : Caring in action. DNLM/DLC

Pender, N. J., Murdaugh, C., & Parsons, M.A. (2006). Health Promotion in Nursing Practice, 5th edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall Health,

Roymond H. Simamora. Buku Ajar Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: EGC; 2008

Stanhope, M., Lancaster, J. (2000). Community and public health nursing. Fifth edition. Mosby Inc. St Louis United States

Downloads

Published

17-08-2020

How to Cite

hadiyanto, hendri. (2020). Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Komunitas Dengan Metode Community As Partner Dalam Rangka Meningkatkan Skill Mahasiswa D-3 Keperawatan FKES Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 14(1), 50–54. https://doi.org/10.36051/jiki.v14i1.114